7 Cara Memperbaiki Saluran Westafel Mampet Hemat Duit

By | 22 Juli 2020
cara memperbaiki westafel mampet

Pernah nggak sih ngerasa frustasi dan bingung banget cari tahu gimana cara memperbaiki saluran westafel mampet?

Kok bisa mampet gini, sumpah bete banget!

Nah, sebenernya westafel mampet ini problemnya banyak orang. Nggak cuman kamu doang yang sering punya masalah kayak gini. Kali ini CV Bima akan kasih tips terbaik buat mengatasi westafel bermasalah kamu.

Biasanya sih, westafel mampet gara-gara adanya kotoran yang bikin mampet atau mandek di tengah saluran pembuangan. Kotoran ini loh yang nutup jalannya air.

Karena susah banget dibersihin, akhirnya solusi terakhir adalah dengan panggil tuh tukang ledeng. Padahal, ada banyak cara yang bisa kamu lakuin kok buat menangani westafel mampet.

Air Panas Untuk Memperbaiki Saluran Westafel Mampet

Salah satu kegunaan air panas adalah kamu bisa pake itu sebagai cara memperbaiki saluran westafel mampet. Solusi ini cocok buat westafel berbahan aluminum. Jadi, cara ini nggak boleh kamu lakuin kalo westafel kamu berbahan plastik, ya!

Oke, Bro gimana sih caranya? Cobain deh langkah berikut:

1. Didihin air dulu secukupnya, tapi paling bagus sih satu panci

2. Tuang seluruh air itu ke dalam wastafel yang mampet.

3. Ulangi terus sampe air bisa ngalir dan kotoran juga mulai bisa kedorong dan terbuang bareng sama air panas tadi.

Cobain deh, ini cara yang paling simpel loh karena emang nggak pake bahan apapun. Masih belom efektif? Oke, boleh coba cara nomor dua.

Cara Atasi Westafel Mampet Pakai Baking Soda

Paling kamu sering denger kalo baking soda ini cuman buat kue ya Bro. Tapi, sebenernya kamu juga bisa kok manfaatin baking soda buat hal-hal lainnya seputar masalah di rumah. Salah satunya nih, bisa buat westafel mampet.

Oke, gimana sih tutorialnya? Langsung aja ya:

1. Siapin dulu baking soda beberapa cangkir, air panas sedikit aja, terus sama cuka.

2. Baking sodanya satu cangkir ditabur dulu di saluran westafel.

3. Rebus air dua cangkir aja. Terus tuang deh ke saluran westafel yang mampet tadi. Nah, bisa dibiarin dulu 10 menit biar baking sodanya bereaksi.

4 Lanjut dengan tabur baking soda satu cangkir lagi. Kali ini, disusul cuka satu cangkir ya.

5. Saluran westafelnya ditutup dulu. Tujuannya apa? Ya biar udara nggak ada yang masuk dan bahan yang udah dituang di dalam saluran tadi bisa bereaksi.

6. Kalo udah keliatan buihnya nih, tunggu baunya sampe ilang. Terus siram pakai air mendidih sebanyak 2 cangkir ya Bro!

Emang sih, dibandingkan dengan cara yang pertama, cara kedua ini lebih ribet. Kamu butuh lebih banyak bahan.

Tapi, cara ini terbilang efektif terutama buat ngilangin kotoran yang numpuk di saluran air di dalam westafel. Biar apa? Biar kotoran tadi pecah dan bisa kebuang bersama air.

Masih belom efektif juga? Nggak papa, kamu bisa lanjut ke cara ketiga.

Tongkat Penyedot/ Plunger

Buat kotoran di westafel yang membandel dan bikin mampet, kamu bisa langsung aja ambil plunger atau tongkat penyedot. Tongkat ini juga sering kok dipake buat mengatasi toilet mampet. Apalagi, cara penggunannya juga nggak ribet amat.

Kalo udah ada plunger atau tongkat penyedot di tangan, ikuti cara memperbaiki saluran westafel mampet berikut ini, ya Bro:

1. Sediain gel, terus oles semua sisi plunger. Tahapan ini opsional, alias nggak harus kamu lakuin. Jadi, kalo nggak ada gelnya, ya nggak masalah.

2. Kasih air sampe westafel penuh. Tapi, jangan sampe westafelnya menggenang ya!

3. Pake plunger, pasang terus gerakin naik turun sampe airnya meluap terus kotoran yang mampet tadi bisa langsung kebawa.

4. Kalo ada kotoran yang nempel di plunger nih, langsung ambil biar kotoran nggak masuk ke westafel lagi. Ulangi cara ini terus sampe kotoran bener-bener ilang dan nggak bikin mampet lagi.

Nah, cara ketiga ini jelas berbeda kalo kamu bandingin dengan cara sebelumnya. Soalnya, kamu harus pake tenaga buat ngilangin kotoran yang mampet tadi.

Cara Benerin Westafel Mampet Dengan Garam

Iya sih, garam itu seringnya buat masak biar masakan makin sedep. Tapi, bukan berarti kamu nggak bisa pake bahan dapur yang satu ini ya buat benerin westafel.

Heran kan kok bisa garam cocok buat solusi westafel mampet? Daripada penasaran, langsung aja bro ini loh tahap yang harus kamu lakuin:

1. Siapin garam secukupnya, soda kue. Inget, rasio perbandingan garam sama soda kue harus sama ya!

2. Campur kedua bahan tersebut dan sambil diaduk ya Bro. Biar apa? Biar bener-bener kecampur dengan sempurna. Tuang deh ke dalam saluran pembuangan westafel.

3. Rebus air, air mendidih bisa dituang juga di saluran. Terus biarin aja sampe 15 menit.

4. Udah? Karena westafel mampet, larutan yang kamu buang tadi bakalan bereaksi. Tutup westafel. Kalo nggak ada tutupnya, pake aja piring. Kalo ga ada piring ya pake mangkok, pokoknya harus ditutup.

5. Ambil air panas lagi, terus tuang tuh kedalam saluran westafel. Fungsinya buat ngedorong kotoran yang udah pecah di dalem.

Dengan kombinasi garam dan soda kue, proses menghilangkan kotoran yang bandel di westafel juga lebih gampang loh. Dan cara ini tergolong aman juga buat dicoba.

Coca Cola

Suka minuman bersoda yang satu ini? Biasanya sih selalu ada di lemari es. Nah, kali ini karena lagi sebel banget sama westafel mampet, kamu bisa ambil Coca Cola buat mengatasi westafel mampet gara-gara kotoran bandel.

Efektif nggak sih cara ini? Jangan salah, Bro! Justru banyak yang udah buktiin kalo Coca Cola ini bahkan lebih dahsyat ketimbang bahan-bahan tradisional lainnya. Nah, udah kepo kan gimana caranya?

Cobain deh cara berikut:

1. Kamu butuh Coca Cola atau Pepsi sebanyak 2 liter.

2. Tuang minuman soda ini ke westafel yang lagi mampet ya!

3. Udah? Tutup saluran air. Terus, biarin dulu gelembung atau suara kayak ngedesis muncul selama 1 sampe 2 jam. 

4. Bilas pake air biasa kalau udah selesai.

Cuka

Cuka bisa juga kamu pake buat mengatasi westafel yang mampet parah. Caranya ya dengan dicampur pake soda kue atau soda api. Oh iya, kalo bisa cari soda yang bubuk.

Kalo udah nemu bahan-bahannya, watunya buat lakuin sesuai instruksi ini ya, Bro:

1. Soda kue ditabur dulu di bibir saluran air. Nggak usah banyak-banyak, yang penting secukupnya aja.

2. Lanjut dengan tuang cuka beberapa tetes ke dalam pipa air.

3. Tutup bibir saluran air pakai media apapun. Bisa pake piring, mangkok, atau penutup westafel. Apapun medianya itu fungsinya biar cuka sama soda kue itu bercampur. Biarin 5 menit.

4. Siram pake air panas atau air hangat. Biasanya sih, nggak cukup sekali. Tapi, cara ini harus diulang-ulang terus sampe saluran air balik lancar lagi.

Nah, sekarang kamu udah punya beberapa cara memperbaiki saluran westafel mampet. Kalo emang nggak bisa diatasi, kamu bisa panggil tukang ledeng yang lebih professional. Barangkali emang ada something yang keras didalem saluran wastafel yang bikin mampet sih!

One thought on “7 Cara Memperbaiki Saluran Westafel Mampet Hemat Duit

  1. CBD for Sale

    It’s in fact very difficult in this full of activity life to listen news on TV,
    thus I simply use the web for that reason, and obtain the newest information.

    Feel free to surf to my website

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *