Cara Merawat Kamar Mandi Dalam Ruangan

By | 18 Oktober 2020

Kamar mandi dalam ruangan dan perawatannya adalah hal penting untuk Anda ketahui. Entah itu adalah kamar mandi dalam ruang tidur pribadi, dalam kost, dalam hotel, dalam apartemen, dan lainnya.

Kamar mandi adalah salah satu ruangan penting pada semua jenis hunian. Perawatan kamar mandi sangat Anda butuhkan karena biaya perbaikannya tentu dapat membuat Anda harus merogoh kocek cukup banyak.

Tata Cara Merawat Kamar Mandi Dalam Ruangan

Berikut adalah beberapa cara bagaimana merawat kamar mandi jika terletak dalam ruangan. Dengan mengetahui bagaimana cara merawat kamar mandi yang ada pada ruangan, maka Anda dapat menjaga fungsi dengan baik dan meminimalkan terjadinya masalah.

Bersihkan Kamar Mandi Dalam Ruangan Secara Tepat

Ketika ingin membersihkan kamar mandi dalam ruangan, maka seluruh benda harus Anda keluarkan terlebih dahulu. Singkirkan gelas, pakaian, serta sampah. Jika memungkinkan, keluarkan meja kecil atau lemari barang-barang yang dapat Anda pindah.

Cara ini efektif untuk membersihkan kamar mandi secara menyeluruh, mulai dari lantai sampai tembok. Ketika hendak membersihkan, biarkan pintu terbuka, kemudian nyalakan kipas ventilasi. Sehingga sirkulasi udara berjalan baik.

Cara ramah lingkungan adalah dengan menyiapkan 1 liter cuka putih dan campurkan air dengan perbandingan 75/25.

Selanjutnya, siapkan cairan pemutih atau cairan antikuman. Gunakan sikat toilet untuk membersihkan ke dalam toilet. Sikat supaya kuman dalam toilet dapat hilang.

Bersihkan Debu Kamar Mandi

Cara tepat untuk membersihkan debu pada kamar mandi dalam ruangan dapat Anda mulai dari atas ke bawah. Pastikan tidak ada sarang laba-laba pada bagian sudut. Kemudian, sikat debu serta kotoran pada lantai dan sapu sampai bersih.

Selain menggunakan sapu, Anda dapat menggunakan alat penghisap debu. Untuk tembok toilet yang menggunakan wallpaper, bungkus sikat pakai tisu kamar mandi. Lalu, basahi tembok  dengan sedikit air. Kemudian, sikat perlahan.

Hilangkan Kerak Pada Toilet

Bagian-bagian yang tampak kotor, termasuk kerak karena noda air, Anda dapat menggunakan serbuk penggosok. Caranya, bubuhkan serbuk pada bagian tersebut. Biasanya, terdapat pada bagian wastafel, bak mandi, keran air, dan basahi berbagai daerah tersebut dengan menggunakan sedikit air.

Setelah membubuhkan serbuk, biarkan hingga 10 sampai 15 menit. Dengan cara ini, maka kerak-kerak noda air dapat mengelupas. Sehingga, akan lebih mudah untuk menggosok dan menghilangkannya.

Untuk menggunakan produk serbuk penggosok, baca label terlebih dahulu. Kemudian, ikuti petunjuk yang ada, supaya tidak menimbulkan kerusakan pada toilet.

Atau, Anda dapat mencoba pada bagian kecil kamar mandi yang tak terlihat sebelum menggunakannya.

Bersihkan Tembok, Jendela dan Langit-Langit

Jamur pada langit-langit sering muncul. Jika ini terjadi, Anda dapat menggunakan larutan air serta pemutih atau antikuman. Kemudian, semprotkan pada permukaan dan biarkan hingga beberapa menit.

Anda juga dapat melakukan langkah tersebut jika tembok toilet dalam ruangan terbuat dari ubin keramik. Gosok permukaan ubin yang sudah Anda semprot cairan dengan menggunakan lap bersih atau spons.

Ketika membilas, lakukan secara hati-hati. Hal ini penting supaya tidak ada goresan. Kemudian, gunakan lap kering untuk membersihkan dan mengeringkan.

Saat melakukan hal ini, sebaiknya gunakan sarung tangan karet. Fungsinya adalah supaya tangan tidak kering ketika bersentuhan dengan berbagai produk kimia yang berbahan keras saat membersihkan kamar mandi dalam ruangan.

Merawat Shower Kamar Mandi

Shower kamar mandi perlu Anda bersihkan dengan menggunakan produk pembersih. Caranya yaitu membersihkan tembok dan kepala shower dan biarkan selama beberapa menit. Pilih produk yang memang khusus untuk menghilangkan seluruh noda air.

Sedangkan jika ingin membersihkan bak mandi yang lama tidak Anda bersihkan, maka dapat menggunakan penghilang noda busa sabun.

Noda air dapat Anda hilangkan dengan menggunakan pembersih khusus. Biasanya, noda tampak kehijauan atau kecokelatan karena percikan air. Hindari membersihkan tembok shower jika terbuat dari ubin porselen dengan menggunakan spons baja karena dapat memudarkan ubin.

Berikutnya,  ambil kepala shower dan rendam. Biasanya, terdapat sumbatan pada kepala shower karena adanya busa sabun atau noda air yang menumpuk.

Cara merendam yang tepat adalah menggunakan campuran air dan larutan cuka putih. Rendam selama semalam dan gunakan sikat gigi bekas untuk menyikat.

Untuk bagian tembok pada sekitar showeer, kepala shower, dan keran air, Anda dapat langsung menggosoknya. Kemudian, gunakan air panas untuk membilas. Lanjutkan dengan menggunakan handuk untuk mengeringkan area tersebut.

Sedangkan pada bagian keran air, Anda dapat mengelapnya dengan menggunakan handuk atau tisu kamar mandi. Dengan cara ini, maka keran air tampak mengkilap.

Untuk shower yang memiliki tirai, maka sering muncul jamur yang merusak penampilan. Gunakan campuran 1/3 cairan pemutih dan 2/3 air. Kemudian, letakkan dalam botol semprot. Fungsinya adalah untuk menyingkirkan seluruh noda jamur.

Cara lainnya yaitu dengan melepas tirai dan cuci dengan air panas dengan campuran pemutih dan sabun sedikit saja.

Membersihkan Kamar Mandi Dalam Ruangan –  Wastafel

Beberapa toilet dalam ruangan juga memiliki wastafel. Biasanya, terdapat noda pasta gigi dan bekas busa sabun. Anda dapat membersihkannya dengan menggunakna cairan pembersih. Lalu, bilas dan keringkan dengan spons.

Selanjutnya, gunakan sikat gigi bekas atau bola-bola kapas. Keduanya sangat berguna untuk menghilangkan kotoran pada sela keran dan pegangan.

Hindari membersihkan wastafel serta permukaannya menggunakan tisu atau lap yang sama untuk toilet. Hal ini justru hanya membuat kuman menyebar. Agar dapat mencegahnya, gunakan lap khusus.

Kemudian, bersihkan bagian depan, laci, dan atas lemari. Gunakan air panas yang sudah bercampur sabun untuk mulai membersihkan.

Agar kuman benar-benar menghilang pada permukaan tersebut, maka Anda dapat menambahkan larutan sabun dan pemutih.

Membersihkan Cermin Kamar Mandi

Membersihkan cermin dapat dengan menggunakan pembersih. Kemudian, bilas dan gosok noda air dengan menggunakan handuk. Mencampurkan air dengan sedikit cuka juga sangat membantu supaya cermin berkilau.

Bersihkan Bagian Luar Kloset

Mulai membersihkan bagian luar pada kloset dengan kain yang sudah Anda rendam dengan cairan pembersihn antikuman. Kemudian, lap mulai pegagangan alat penyiram, bersihkan, dan bilas semua permukaan bagian luar toilet. Lakukan hal tersebut mulai dari bagian bawah sampai samping.

Berikutnya, bersihkan pula dudukan kloset, termasuk area atas dan bawah, juga penutup kloset. Gunakann deterjen atau pembersih untuk membersihkan. Hindari menggunakan lap yang sama ketika hendak membersihkan toilet atau kamar mandi.

Pastikan lap tersebut adalah kain sekali pakai. Sehingga, buang  jika sudah Anda gunakan. Hal ini penting agar tidak ada penyebaran kuman.

Jaga Kamar Mandi Dalam Ruangan Tetap Bersih

Terakhir, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan toilet atau kamar mandi. Misalnya, bersihkan serta bilas wasatafel kapanpun setelah sikat gigi. Selanjutnya, keringkan wastafel dan cermin.

Kandungan mineral pada air ternyata dapat menciptakan noda. Sehingga, gunakan sikat toilet ketika membersihkan toilet dengan kuat. Lakukan cara ini secara teratur.

Baca Juga Layanan jasa sedot WC Tembok Dukuh Surabaya

Walaupun anda ingin membersihkannya seminggu sekali, namun jika sering membersihkannya akan lebih ringan. Karena tidak ada noda menumpuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *