Cara Menyetel Kloset Duduk, Ternyata Mudah Kok!

By | 2 Oktober 2020
Cara Menyetel Kloset Duduk

Cara menyetel kloset duduk, seperti apa? Untuk masyarakat Indonesia, ada dua jenis kloset populer. Pertama, kloset duduk. Sedangkan kedua, adalah kloset jongkok.

Kloset duduk umumnya untuk melengkapi kamar mandi atau rumah dengan gaya modern. Selain itu, untuk menyetel klose duduk, pastikan bahwa kamar amndi sudah terasang keramik. Juga, pastikan agar Anda melengkapinya dengan nad.

Hal lainnya tentang kloset duduk adalah saluran air bersih. Saluran ini memiliki ukuran 1/2 inci, terletak pada bagian belakang kloset duduk. Anda juga harus menambahkan pipa 4-inch pada bagian saluran pembuangan.

Kemudian, ujung pipa saluran tersebut juga harus sejajar dengan keramik. Nah, terakhir Anda bisa langsung mengikuti cara memasang kloset jenis ini pada panduan berikut:

Cara Menyetel Kloset Duduk – Alat

Ketika hendak memasang kloset, maka Anda harus menyiapkan beberapa peralatan khusus. Alat-alat ini adalah:

  • Kunci inggris
  • Lem silicon
  • Obeng minus
  • Obeng plus
  • Bor listrik
  • Gergaji besi
  • Meteran ukur
  • Tang kakak tua
  • Kunci 10
  • Kunci 12
  • Dua dynabold 10 mm
  • Kunci pipa

Anda sudah menyiapkan seluruh peralatan tersebut. Maka, selanjutnya adalah Anda bisa mempersiapkan pipa untuk mensuplai air bersih serta membuat lubang pembuangan.

Baca Juga Artikel Layanan Sedot WC Kami : Sedot WC sidoarjo Terjangkau Harga Murah

Menyetel Kloset Duduk – Cover Toilet Seat

Buka dulu cover toilet seat, jangan lupa mulai baca petunjuk. Anda dapat melihat berapa jarak ideal antara bagian tembok belakang kloset tersebut dengan bagian tengah pada pipa.

Kemudian, lanjutkan dengan mengukur bagian lubang pengunci bowl. Serta, gunakan pensil atau pena untuk menandai. Lalu, bagi dua titik menggunakan pipa, dan tambahkan lubang pada bagian sisi kanan serta kiri menggunakan jarak tersebut.

Sekarang, Anda bisa menambahkan dynabolt. Kencangkan dengan menggunakan kunci 12.

Membalik Closet dan Memasang Wax Ring

Berikutnya, kamu bisa langsung memasang dan membalik kloset, mengapa? Cara ini akan memudahkan Anda untuk pemasangan wax ring. Cara melakukannya juga sangat mudah. Pertama, tekan bagian sisi lubang supaya sisi lubang tersebut bisa lengket.

Lalu, pindah ke bagian belakang kloset dengan mulai pasang stop kran, kunci T, flexible house, serta jet shower. Anda dapat mengencangkan drat menggunakan bantuan kunci inggris.

Jika Anda mempunyai kloset duduk yang memiliki bidet, pasangkan komponen T pada bagian belakang. Hal ini penting karena jika memasang kloset dulu, akan lebih sulit memasang stop kran.

Pasang Closet Pada Bagian Atas Lubang Pipa

Dynobolt sudah Anda pasang pada lubang pipa, nah sekarang lanjutkan dengan mulai menyetel kloset duduk pada bagian atas lubang pipa. Kemudian, lanjutkan dengan memasang lubang kaki kloset yang ada pada dynabolt.

Pastikan juga untuk memasang mur dan ring. Kencangkan pemasangan ini menggunakan kunci 12.

Jika sudah, kemudian, anda bisa langsung beralih ke rubber tank. Pasang bagian penting ini sebagai cara untuk mencegah tangki bocor dan dudukan tangki bisa bekerja dengan normal.

Berikutnya, pastikan untuk menyambung bagian flexible hose pada bagian tank trim dan T. Putar juga drat sampai benar-benar kencang.

Pasang Tutup Tangki Dan Push Button

Pastikan semua bagian sudah kamu pasang dengan benar dan kencang. Setelah itu, pasang bagian tutup tangki serta push botton.

Selanjutnya, pasang seat cover pada bagian kloset duduk. Jika kloset sudah terpasang dengan baik, anda bisa langsung mencoba melakukan tes kecil.

Caranya, tekan tombol flush. Tes ini sangat membantu agar anda bisa memeriksa apakah ada kebocoran atau rembesan pada bagian tangki serta flexible hose.

Tips Penggunaan

Sekarang, Anda sudah tahu seperti apa cara meyetel kloset duduk yang dapat anda coba sendiri. Kemudian, baca panduan serta petunjuk, jangan sampai lupa dengan berbagai detail secara menyeluruh.

Cara ini tentu akan membuat Anda dapat meminimalisir kesalahan dalam pemasangan.

Sekarang, Anda sudah bisa menikmati penggunaan kloset duduk. Bagi pengguna kloset jenis ini, ada baiknya untuk menggunakannya dengan tepat.

Maksudnya seperti apa?

Menyetel kloset duduk modern dan canggih, kalau tidak menggunakannya sesuai dengan petunjuk kesehatan tentu justru dapat mengundang bibit penyakit.

Gunakan Tutup Ketika Akan Membilas

Walaupun anda sudah sering mencuci dan membersihkan kloset, namun penyebaran penyakit masih bisa terjadi. Seperti apa?

Misalnya, Anda sudah membersihkan kloset sehingga tampak bersih. Namun, ketika anda selesai membuang air kecil atau air besar, anda pun langsung membilas. Dari sinilah, maka bibit penyakit bisa menyebar.

Walaupun Anda sudah menekan tombol atau menarik engkol untuk membilas, pada saat inilah, air tangki pada kloset langsung turun. Kemudian, air pun membilas mangkuk kloset.

Pada saat bersamaan, kabut air pun langsung naik pada bagian atas mangkuk kloset. Hal ini membuat kuman penyebab penyakit ikut naik pada kabut air. Sehingga, menyebar pada bagian sekitar kloset.

Pencegahan sangat penting, sehingga bagi pabrikan kloset tentu sudah mengantisipasi hal tersebut. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa ada tutup kloset.

Tutup dengan desain yang sama dengan bentuk kloset ini penting untuk mencegah penyebaran kuman.

Kabut air ini sering menjadi hal yang kita abaikan. Memang, keberadaan kabut air ini tampak begitu halus sehingga tidak mudah terlihat dengan jelas oleh mata.

Menurut beberapa penelitian, bahkan pada acara TV Mythbusters, kabut air kloset tersebut memang benar-benar ada.

Sebuah penelitian telah melakukan uji coba yaitu dengan membangun toilet secara khusus. Toilet ini kemudian berada pada bagian wastafel, dekat dengan handuk, perlengkapan sikat gigi, dan botol-botol sabun.

Seluruh barang-barang terebut juga sudah melalui uji bakteri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua barang tersebut bebas bakteri. Dalam hitungan beberapa hari, toilet berfungsi secara normal.

Namun, saat sudah pada waktu yang sesuai ketentuan. Mereka kembali menguji bakteri pada perlengkapan barang yang tak jauh dari kloset tersebut.

Hasil menunjukkan bahwa ternyata berbagai perlengkapan tersebut sudah menjadi sarang kuman. Jadi, cara menyetel kloset duduk saja tidak cukup!

Simpan Peralatan Mandi Secara Tepat

Para peneliti juga melakukan penyelidikan lainnya. Salah satunya adalah dengan menambahkan zat pewarna khusus pada bagian air kloset. Ketika mereka menggunakan kloset tersebut dalam beberapa hari, mereka ingin mengetahui seperti apa penyebaran kabut air.

Guna mendukung penelitan tersebut, mereka pun mengunakan sinar ultraviolet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada area sekitar kloset muncul zat pewarna ini.

Itu artinya, Anda harus meletakkan semua perlengkapan mandi, seperti handuk, sikat gigi, dan lainnya sedikit menjauh dari kloset. Letakkan semua perlengkapan tersebut secara tepat, benar, dan aman tentunya.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk kamar mandi yang kecil atau sempit. Untuk itu, selalu tutup kloset duduk dan letakkan peralatan mandi pada tempat yang tepat.

Kabut air dapat menyebabkan beberapa penyakit serius seperti: influenza, norovirus, typhus, dan SARS.

Sekarang, kamu sudah tahu semua tentang cara menyetel kloset duduk. Juga, sudah tahu tips menggunakan kloset tersebut secara tepat agar bebas dari masalah penyakit. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *