Cara Membuat Septik Tank, Gampang Banget!

By | 21 Oktober 2020
Cara Membuat Septik Tank

Cara membuat septik tank sangat penting untuk Anda pelajari, mengapa? Ketika Anda membangun rumah, adalah hal wajib untuk memiliki saluran pembuangan.

Misalnya, saluran pembuangan untuk kloset karena kebutuhan untuk BAK dan BAB. Fungsi septic tank adalah sebagai tempat untuk membuang limbah tersebut.

Dengan adanya tempat limbah ini, maka saluran limbah tinja dapat memiliki tempat khusus. Sehingga, tidak mencemari lingkungan yang ada pada sekitar rumah. Seperti yang Anda ketahui, limbah tinja mengandung bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Bagaimana cara membuat septik tank? Bagaimana cara memeliharanya? Berikut informasi yang dapat Anda simak.

Septik tank adalah wadah untuk mengolah limbah yang Anda buang melalui kloset. Septic tank sendiri memiliki bentuk mirip penampungan.

Namun, dengan tambahan sekat tembok dari bata. Kemudian, Anda dapat menambahkan pelat beton.

Membuat septic tank juga harus sesuai dengan peraturan atau standar SNI Indonesia. Tentu saja, hal ini wajib Anda perhitungkan karena dapat mencegah berbagai masalah.

Serta, dapat membantu agar tidak ada masalah kesehatan yang Anda alami setelah membangun septik tank.

Masalah Dalam Septik Tank

Ada banyak hal yang wajib Anda pertimbangkan terlebih dahulu ketika Anda ingin membangun septic tank. Septic tank bisa bermasalah karena hal-hal berikut:

Ukuran terlalu kecil – Jika ukuran terlalu kecil, maka daya tamping pada wadah limbah ini jadi cepat penuh. Akibatnya, ada beberapa masalah yang dapat terjadi.

Misalnya, toilet jadi mudah mampet. Anda juga harus memanggil jasa sedot WC lebih sering.

Kurang kokoh – Membangun septik tank secara sembarangan, sampai kurang kokoh tentu membuat masalah baru. Misalnya, tempat penampung limbah tersebut jadi bocor atau roboh.

Sehingga, Anda harus mengeluarkan biaya lebih banyak lagi untuk membangunnya. Itulah mengapa, pilih bahan materi yang tepat sebelum membangun.

Membuat septik tank yang tak jauh dari sumur – Apa yang terjadi jika Anda melakukan hal seperti ini?

Sumur adalah sumber air bersih. Sehingga, jika letaknya tidak jauh dari tempat penampungan limbah rumah, maka akan dapat mempengaruhi kualitas air. Air bersih jadi tercemar.

Jika sudah begitu, ada kemungkinan penyebaran penyakit terjadi pada sekitar lingkungan rumah. Air tercemar bakteri tentu membuat lingkungan jadi tidak sehat lagi.

Itulah mengapa, membuat septik tank harus memenuhi standar SNI. Anda harus memperhitungkan desain ukuran, material ketika membangun wadah, dan jarak ideal septic tank dengan sumur atau sumber air lainnya.

Berapa ukuran ideal septik tank? Ukuran yang memenuhi standar adalah 1,5 meter untuk tinggi, 1 meter untuk lebar, dan 1 meter untuk panjang.

Ukuran tersebut juga harus Anda sesuaikan dengan berapa jumlah penghuni rumah dan berapa kloset yang ada dalam rumah.

Langkah Membangun Septik Tank

Ikuti berbagai langkah berikut untuk mulai membangun septic tank:

1. Gali tanah terlebih dahulu. Anda akan menggali area untuk tempat septic tank dengan kedalaman 1, 5 meter serta tinggi mencapai 2 meter.

2. Tambahkan sekat pada bagian tengah galian. Nantinya, Anda akan membuat dua kolom septic tank saling berdempetan supaya dapat memisahkan limbah padat dan limbah cair.

3. Tambahkan penghubung yang menghubungkan dua sekat tersebut. Idealnya, menggunakan paralon dengan ukuran 4 inci.

4. Paralon yang Anda tambahkan adalah dari arah WC kemudian, menurun sejajar hingga ke bagian pembuangan. Misalnya, jika ukuran ketinggian pada paralon adalah 80.

Maka, ukuran ketinggian paralon sekat idealnya adalah 75, serta ketinggian pada paralon pembuangan adalah 70.

5. Buatlah bahan material tembok septic tank dengan bata merah, lalu plester.

6. Tembok alas juga harus Anda buat guna mencegah supaya septic tank tidak bocor atau roboh.

7. Tambahkan papan untuk menutup bagian atas septik tank.

Itulah berbagai langkah yang dapat Anda terapkan ketika membangun septic tank rumah. Pastikan untuk menambahkan lubang angin pada bagian sekat agar terdapat pembuangan gas.

Penambahan ini penting supaya nanti juga terdapat akses untuk penyedotan.

Anda juga harus menggunakan paralon dengan ukuran 4 inci, mengapa? Supaya selang pada jasa sedot WC juga dapat masuk hingga ke septic tank.

Tips Memelihara Septic Tank

Jika Anda sudah mengetahui apa saja cara membangun septik tank. Maka, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melakukan perawatan dengan mudah:

Pantau sumur resapan – Sumur rasapan atau sumber air harus benar-benar memiliki jarak ideal dengan septic tank. Limbah tinja atau kotoran akan hancur dalam septik tank, namun limbahnya akan mengalir pada sumber air yang terdekat.

Itulah mengapa, sebaiknya, Anda menambahkan perlindungan untuk sumur resapan dengan berbagai elemen. Contohnya, Anda dapat menggunakan ijuk, pasir, kerikil, serta batu.

Hindari membuang sampah dalam septic tank – Mengapa hal ini penting? Septic tank memiliki wadah dengan ukuran yang sudah Anda sesuaikan dengan berapa jumlah penghuni dan berapa kira-kira intensitas limbah.

Dengan adanya dua sekat, maka septic tank akan membagi limbah padat serta cair. Dengan begitu, terdapat ruang ideal untuk penampungan.

Itulah mengapa, sebaiknya hindari membuang sampah dalam septik tank.

Ketika Anda melakukan hal tersebut, septic tank memiliki kemungkinan untuk berkurang fungsinya, sehingga dapat menyebabkan bocor.

Hindari pula menyalurkan limbah dari septic tank ke sungai karena dapat mencemari lingkungan.

Kotoran limbah harusnya Anda buang ke Instalasi Pengolah Lumpur Tinja atau yang Anda kenal dengan istilah IPLT. Caranya yaitu dengan meminta bantuan penyedotan WC.

Butuh Sedot WC Surabaya? CV Bima Solusinya!

Selain melakukan berbagai perawatan  yang sudah kami sebutkan sebelumnya, maka sangat penting untuk melakukan control dan memperhatikan jadwal penyedotan berkala.

Anda juga membutuhkan jasa sedot WC Surabaya CV Bima untuk penyedotan tangki septik tank tiga tahun sekali. Dengan tim ahli kami, maka penyedotan dapat berjalan sempurna dan seccara profesional.

Sekarang, Anda sudah tahu apa saja cara membuat septik tank. Tentu sangat mudah, bukan?

Jika Anda membutuhkan tim berpengalaman guna menghindari dana membengkak atau masalah saat membangun, tepat sekali.

Saat ini CV Bima telah bekerja memberikan banyak pelayanan pada bidang septik tank, kamar mandi, wastafel, dan lainnya termasuk saluran mampet. Untuk membangun septik tank, tim kami sudah melayani berbagai daerah dan menawarkan harga murah.

Jika Anda membutuhkan bantuan kami, caranya sangat mudah. Anda tinggal menghubungi tim kami untuk langsung mendapatkan layanan. Jasa pembuatan septik tank yang kami tawarkan juga bergaransi.

Sehingga, begitu pekerjaan ini telah terselesaikan, tim kami akan langsung memeriksa. Ketika kami sudah meninggalkan lokasi, maka septik tank anda sudah dalam keadaan sempurna.

Tak hanya membantu untuk membangun septic tank, kami juga sanggup memperbaiki septik tank yang rusak karena roboh, bocor, atau meluber. Dengan cara pemesanan jasa yang mudah, Anda tinggal terima beres dengan harga terjangkau, tentunya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *