Cara Membuat Resapan Septi Tank Lengkap

By | 31 Juli 2020
cara membuat resapan septi tank

Cara membuat resapan septi tank harus aman dan benar, ya. Tabung septic tank ini penting karena emang fungsinya adalah buat membuang limbah.

Setiap rumah wajib punya bagian ini. Rumah yang mewah kalo nggak ada resapan septic tank, ya buat apa. Pasti juga nggak bakalan baik. Nah, terus gimana sih cara bikin resapan yang bener? Kamu bisa menyima semua penjelasan berikut.

Apa Itu Septi Tank dan Resapan?

Semua orang juga udah tahu ya, kalo septic tank adalah bak buat nampung air limbah dari kloset kamu semua tuh. Ketika bikin septic tank, pasti ditambahin sekat dinding, dari bata. Terus, bagian atasny juga dikasih penutup, terbuat buis beton.

Udah? Belom, lah. Masih ada penutup kontrol yang harus ditambah nih. Terus, ada juga pipa T, fungsinya biar oksigen atau udara bisa masuk kedalam septic tank.

Bakteri-bakteri pengurai di dalam septic tank ini penting, Bro. Kalo bisa sih, jangan sampe berkurang karena lingkungan di dalam septic tank menghambat pertumbuhan. Itulah kenapa, udara atau oksigen yang masuk ke septic tank itu sangat membantu.

Nggak cuman itu, kamu juga harus buat resapan septi tank. Fungsinya biar limbah kotoran masuk ke tanah, biar bau kotoran itu nggak sampai muncul ke permukaan.

Apalagi, banyak sumber penyakit dari kotoran itu sendiri. Kan nggak lucu juga kalo sakit gara-gara limbah sendiri.

Jenis-Jenis

jenis jenis septic tank, cara membuat resapan septi tank

Ngomongin tentang septic tank konvensional, ada dua tipe yang wajib kamu tahu, yaitu:

1. Septic tank tertutup – Bikinnya dengan cara menambah buis beton di bagian atas. Buis betonnya harus bertulang ya, Bro. Jenis ini ideal buat rumah di lahan sempit, kayak rumah di daerah kota.

2. Septic tank terbuka – Septic tank model gini punya bagian atas tanpa penutup. Biasanya sih, masih sering dipake buat rumah-rumah di lahan luas.

Membuat Septi Tank di Bawah Kamar Mandi

Fungsi septic tank itu buat nampung air limbah kotoran dan jadi wadah buat bakteri-bakteri tinggal biar kotorannya cepet ancur.

Nah, air kotoran harusnya masuk ke dalam sumur resapan atau rembesan yang jaraknya agak jauh dari septic tank. Tapi, jangan terlalu jauh dari WC. Itulah kenapa, kudu belajar dulu gimana sih cara membuat resapan septi tank.

Terus, berapa sih biaya yang harus kamu punya biar bisa bikin rembesan/ resapan septi tank? Bisa dibilang, cukup mahal loh. Kamu harus siapin dana mulai dari 5 juta sampe 6 juta. Belom lagi waktu pengerjaannya juga cukup lama. Biasanya, bisa mencapai 15 hari kalo dikerjain cuman dua orang.

Nah, kalo kamu pengen bikin septi tank di bawah kamar mandi, pastiin dulu kalo kamu punya rencana yang mateng. Biar nggak ada masalah kedepannya.

Cara Membuat Yang Benar

Buat kamu yang pengen bikin septi tank resapan, kamu harus pake bahan buis buton. Terus, tunggu sampe bener-bener kering dulu sebelum dipake ya Bro.

Selain itu, kamu juga harus tau deh, konstruksi yang bener itu kayak gimana. Yaitu, dengan pertimbangin proses sanitasi. Biar fungsi resapan juga bisa maksimal. Sanitasi ini bagian dari usaha biar sistem pembuangan limbah.

Terus gimana kalau misalnya septi tank nggak ada resapannya? Bisa aja, tapi justru ini merugikan. Kenapa? Karena bakalan ada masalah di kemudian hari.

Misalnya, septi tank bisa membuat air juga tanah tercemar. Kalau tercemar, itu artinya zat atau makhluk hidup di limbah bakalan mengkontaminasi komponen lainnya. Jadi, air yang semula bersih, ikut kotor dan kualitasnya menurun.

Kalo mengikuti saran dari ahlinya, yaitu peneliti senior di Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman, pasti nggak bakalan salah.

Adalah Nurhasanah Sucahyo  yang jelasin kalo sistem resapan itu harusnya adalah sumur atau galian. Sumur ini nggak ada lapisan material.

Fungsinya cuman buat nerima air yang ngalir dari limbah septi tank. Terus, air itu bakalan diresapin didalam tanah. Gitu doang, Bro.

Bentuknya gimana?

Bentuk Ukuran Ideal

Bentuk bidang resapan adalah 4 persegi panjang. Ukuran lebar paling minim itu 0,5 m sedangkan buat kedalamannya adalah 0,45 m.

Terus, buat panjangnya itu tergantung dari jumlah orang yang pake di rumah kamu. Oh iya, perhatiin juga daya resap tanah ya Bro.

Misalnya nih, kalo kamu pengen bikin septi tank kecil buat 2 KK doang. Kamu bisa kok bikin sumur resapan diameter paling nggak 80 cm. Buat kedalamannya paling nggak yaitu 1,0 m.

Untuk bikin sumur resapan septi tank, galiannya juga harus diisi penuh ya Bro, pakai kerikil juga pasir. Terus diameternya adalah 1,5 sampai 5 m.

Lapisan ini juga harus punya ketebalan 1,0 m. Peresapan itu satu titik, jadi harus ada lapisan kerikil tebel banget. Fungsinya biar air di tangki septik bisa dinetralisir.

Tangki septik yang menampung air limbah bakalan menuju ke sistem resapan. Biar air bisa kesana, kamu harus tambahin pipa.

Memilih Pipa Untuk Saluran Resapan

Kualitas juga harus diperhatikan karena harus tahan karat, nggak ada sambungan, dan kedap air. Pipa itu juga bisa kamu sambungin ke Pipa sambungan T yang ada di bagian aliran keluar tangki.

Ngomongin tentang pipa nih ya, diameternya paling nggak 4 inci. Pipa ini disebut pipa PVC, dengan diameter sampe 4,5 inci (pipa beton atau pipa keramik). Lanjut taruh pipa di bagian lapisan ijuk resapan sesuai lebar atau panjang sumur resapannya, Bro. Kemiringan pipa juga harus diperhatikan, yaitu paling nggak dua persen.

Untuk bagian bawah pipa, tambahin lubang dengan diameter 1 sampe 2 cm. Tambahin juga jarak antar lubang 5 cm. Kalo panjang pipa 4 meter lebih, pastiin buat tambahin kertas kantong semen buat tiap sambungan. Tambahin juga ijuk.

Belom kelar ya, selanjutnya setiap ada belokan pipa yang lebih dari 45 derajat, atau perubahan belokan sampe 22,5 derajat, pake lubang kontrol. Fungsinya apa sih? Buat bersihin atau clean out. Belokan dengan 90 derajat itu dibikin dua belokan. Masing-masing belokan itu 45 derajat. Jadi, kamu bisa pake bak kontrol. Buat tangki septik dengan dua sistem perlu ditambah bak buat bagi kedap air.

Nah, sekarang kamu udah ngerti gimana cara membuat resapan septi tank. Karena septi tank itu sistem sanitasi yang melibatkan kloset, pastiin untuk bikin resapan sesuai aturan. Ini penting loh biar air limbah tinja juga bisa masuk ke air resapan.

Nggak cuman itu, kamu juga perlu melibatkan bagian lain, kayak saluran udara, cara bikin bak penampungan yang bener, dan melakukan sanitasi juga.

Dengan membuat resapan septi tank yang bener, pasti kamu juga nggak bakalan ada masalah di kemudian hari untuk proses Sedot WC. Justru, dengan masalah yang terjadi di masa mendatang, bakalan bikin kamu mengeluarkan lebih banyak biaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *