Cara Membersihkan Lumut Kamar Mandi Paling Ampuh

By | 22 Agustus 2020
Cara Membersihkan Lumut Kamar Mandi

Kamar mandi licin bisa mengancam nyawa siapapun loh, jadi penting cari tahu apa cara membersihkan lumut kamar mandi. Emang sih, bersihin lumut juga jamur itu nggak gampang, Bro. Semua itu karena sebelumnya, kebersihan kamar mandi kurang diperhatiin.

Dari sini, lumut atau jamur yang menumpuk makin sulit dibersihin. Tapi bukan berarti nggak ada solusi sama sekali. Kotoran, jamur, juga lumut bisa kok dibersihin dengan cara-cara berikut.

Cara Membersihkan Lumut Seluruh Area Kamar Mandi

Selain pakai bahan kimia, kamu juga bisa pakai bahan alami untuk ngilangin lumut di kamar mandi. Karena lumut ini organisme hidup, artinya kamu harus waspada tanda pembentukan lumut.

Ini penting biar mereka nggak tumbuh lagi di tempat yang sama. Kamu bisa pakai cara-cara berikut secara rutin. Inget, jangan males bersihin kamar mandi. Semakin ditunda, semain numpuk kotoran disana.

Cuka

Cuka bisa kamu pakai sebagai cara membersihkan lumut kamar mandi. Tapi nih, jenis cuka yang dipakai itu adalahh cuka putih. Cuka juga harus 100% tannpa campuran ya, Bro. Terus, masukin cuka kedalam botol semprot.

Caranya gampang nih. Setelah cuka dimasukin ke botol semprot, langsung semprotin aja deh ke permukaan yang berlumut. Terus, biarin cuka disitu selama satu jam. Selama aplikasi ini, buka ventilasi kamar mandi, ya.

Nah, kamu tinggal lanjut dengan air hangat buat siram permukaan. Yang jelas, harus udah sejam. Terus pakai handuk buat keringin area yang dibersihin tadi biar nggak tumbuh lumut lagi.

Boraks

Nyari boraks itu gampang banget loh di pasaran. Kamu bisa manfaatin boraks karena emang harganya yang lebih miring sih dibanding yang lain.

Cara membersihkan lumut kamar mandi pakai boraks juga gampang banget. Tinggal siapin 1 gelas borax terus campur pakai 4 liter air hangat. Nah, campuran tadi tinggal dituang ke area kamar mandi berlumut. Pakai sikat, sikat pelan sampai lumut bener-bener keangkat.

Selanjutnya nih Bro, pakai air bersih buat bersihin seluruh permukaan kamar mandi. Seluruh area bisa kering secara alami setelah itu. Gampang banget, kan?

Cara Membersihkan Lumut Kamar Mandi Dengan Pemutih

Nggak sedikit orang yang udah buktiin nih kalau pemutih itu jadi salah satu metode tercepat bersihin kamar mandi. Pemutih bisa dipake buat bersihin lumut di dinding juga ubin kamar mandi. Tapi, jangan lupa buat paai sarung tangan begitu cobain teknik satu ini ya, Bro.

Nah, caranya gampang banget nih buat pake pemutih. Pertama, rasio perbandingan adalah 1:2. Jadi kalo 1 bagian pemutih, harus dicampur sama 2 bagian air. Terus, masukin tuh ke botol semprot.

Kocok sampe rata, terus semprotin tuh larutan ke area berlumut. Tunggu sampe kering dulu. Semprot lagi, tapi kali ini harus digosok pakai sikat, ya Bro. Bilas area terus ulangin sampe lumut bener-bener ilang.

Hidrogen Peroksida

Kamu juga bisa beli hydrogen peroksida karena pilihannya emang banyak banget. Semuanya sesuai tingkat serta kekuatan berdasar kualitas. Nah, buat pakai hydrogen peroksida, idealnya itu cuman 3%.

Bahan yang ringan ini emang ampuh banget buat ngilangin lumut. Belinya juga gampang, bisa di supermarket atau beli online. Tapi, perlu diperhatiin ya kalau hydrogen peroksida bisa nggak efektif banget kalo kena cahaya langsung. Jadi, botol semprotnya itu sebaiknya berwarna gelap.

Biar makin ampuh nih, kamu bisa juga campur hydrogen peroksida dengan cuka. Semprot larutan di area berlumut Kalo udah dicampur amonia. Terus, biarin dulu selama 3 jam. Ventilasi kamar mandi juga harus terbuka ya, biar cepet kering. Terus, pakai air biasa buat bilas. Segampang itu, pokoknya Bro!

Cara Membersihkan Lumut Kamar Mandi Pakai Amonia

Hal penting yang wajib kamu inget adalah jangan pernah campurin amonia dengan pemutih. Soalnya, kedua bahan tersebut bisa bereaksi menciptakan asap. Kalo terhirup, jelas bakalan bahaya banget buat kesehatan.

Caranya gampang banget nih buat pake amonia biar lumut di kamar mandi ilang. Masukin amonia di dalam botol semprot. Terus, semprotin tuh ke area berlumut di kamar mandi.

Lanjut dengan gosok area pakai sikat lembut, terus biarin selama 2 jam. Ventilasi kamar mandi juga harus dibuka ya, ketika proses bersih-bersih ini. Kalo udah kering, bilas.

Baking Soda

Bahan yang satu ini selalu bisa diandelin buat banyak hal, loh Bro. Jadi, pastiin kalo di rumah selalu ada baking soda. Ketika kamu campurin baking soda dengan air, terus disemprot di tembok, sikat deh. Pasti permukaan tembok langsung tampak bersih.

Sayangnya, kamu nggak boleh pakai baking soda ini buat permukaan yang terbuat dari kayu, marmer, keramik, atau granit, ya Bro. Hati-hati juga kalau pakai bahan ini. Soalnya, bahan ini emang keras banget, yang justru bisa bikin dinding keropos atau cat mengelupas.

Air Garam

Kebangetan deh kalo di rumah nggak ada garam. Nah, kamu bisa pake bahan dapur ini buat menghilangan lumut. Cara membersihkan lumut kamar mandi pakai garam ini terbilang ringan. Jadi, nggak ampuh banget sih, dibutuhkan pengulangan berkali-kali biar lumut terangkat. Tapi, nggak bakalan ngerusak dinding atau lantai.

Caranya nih dengan ambil 3 sendok makan garam dapur. Garamnya yang kasar aja, ters campurin dengan 2 liter air mendidih. Nah, tinggal siramin deh tuh air garam tersebut ke permukaan dinding. Terakhir, sikat aja sampai bersih.

Bata Merah

Walaupun tergolong sedikit susah dan merupakan cara tradisional, tapi nggak rugi buat dicoba di kamar mandi kamu dan cara bersihkan showerhead. Kamu tinggal cari kepingan batu bata. Terus, gosokin tuh di dinding kamar mandi yang berlumut sampai lumutnya rontok. Sisa-sisa lumut bisa disikat biar makin bersih. Terakhir, kamu bisa bilas pakai air bersih.

Cara ini bukan cara tepat buat ngilangin lumut secara permanen ya. Soalnya, batu bata ini nggak bisa langsung bunuh lumut dan bikin lumut nggak tumbuh lagi.

Cara Membersihkan Lumut Kamar Mandi Dengan Bubuk Kaporit

Bahan selanjutnya adalah kaporit, baunya yang khas menyengat biasanya buat bersihin kolam renang.

Fungsinya emang biar lantai nggak licin dan bebas lumut. Kamu tinggal beli tablet kaporit, terus tumbuk  halus.

Permukaan berlumut Taburin tuh bubuk. Biarin selama 1 jam sampai keluar buih dan lumut terangkat. Siram pakai air bersih terus gosok pakai sabun sampai nggak licin lagi.

Sabun Cuci Piring

Terakhir, kamu juga bisa pakai sabun cuci piring yang terbilang efektif loh buat ngilangin lumut. Gunakan sabun cuci piring dan taburin.

Caranya gampang banget, gosok sambil bilas dikit-dikit sampai rontok semua lumutnya. Pastiin nggak ada sisa sabun biar lantai nggak licin.

Nah, sekarang kamu udah tahu ini berbagai cara membersihkan lumut kamar mandi. Kebersihan kamar mandi, bebas dari lumut dan jamur itu penting. Selain bikin kamu lebih nyaman menghabiskan waktu di kamar mandi, juga bisa ngilangin kuman.

Kamar mandi yang banyak kumannya justru bikin lingkungan jadi nggak sehat. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *