Cara Membersihkan Bak Mandi Paling Efisien

By | 29 Oktober 2020
cara membersihkan bak mandi

Cara membersihkan bak mandi, toilet, wastafel, lantai kamar mandi, dan bagian lainnya adalah informasi penting. Memperhatikan kebersihan secara rutin setiap hari adalah wajib.

Bak mandi sebagai bagian kamar mandi merupakan wadah atau tempat untuk menampung air. Nah, jika menggunakan air PAM atau air ledeng yang bersih, maka akan sangat mudah membersihkan bak mandi.

Namun, bagaimana jika kualitas air PAM pada area anda kurang bersih? Tentu, kandungan kapur begitu banyak, sehingga membuat masalah seperti pengapuran.

Padahal, masalah kebersihan pada bak mandi sudah cukup banyak. Selain pengapuran, anda mungkin akan menghadapi masalah endapan air, sisa sabun, lumut, dan jamur.

Cara Membersihkan Bak Mandi / Bathtub

Bak mandi tentu harus sering anda bersihkan agar terbebas dari masalah kuman dan kesehatan.

1. Sisihkan Semua Barang Dekat Bak Mandi

Ketika hendak membersihkan bak mandi, maka pastikan seluruh barang yang ada dekat dengan bak mandi harus anda singkirkan terlebih dahulu. Hal ini termasuk peralatan mandi serta mainan anak.

Ketika anda telah menyingkirkan seluruh barang dan permainan, bersihkan benda-benda tersebut. Hal ini penting karena dapat mempengaruhi kebersihan kamar mandi. Membersihkan kamar mandi memang harus secara total.

2. Cara Membersihkan Bak Mandi Saat Menguras

Saat menguras, bak mandi dari plastik tentu jauh lebih mudah untuk Anda bersihkan. Caranya, buka saluran yang ada pada bagian bawah bak. Lalu, biarkan air keluar sampai benar-benar habis.

Tidak masalah jika hanya tersisa sedikit air dalam bak mandi. Kemudian, gunakan cairan pembersih, cuka putih, atau cairan untuk membersihkan piring.

Gunakan salah satu pembersih tersebut untuk membersihkan permukaan bak. Lalu, gunakan air bersih untuk bilas dan menghilangkan noda sabun. Kemudian, biarkan sampai bak mandi benar-benar kering.

Setelah benar-benar rapi, jangan mengembalikan barang-barang yang sudah anda singkirkan pada tempat semula.

Untuk bak mandi dari bahan porselen, bahan tepat untuk membersihkan bak tersebut adalah minyak lemon. Caranya mudah, yaitu tetes bak mandi dengan beberapa minyak lemon.

Usap permukaan bak yang sudah anda bersihkan. Dengan lapisan minyak lemon, maka dapat memberikan perlindungan dan membuat bak jadi lebih awet.

3. Bersihkan Permukaan Bak Mandi

Bagaimana cara membersihkan ubin serta permukaan bak mandi? Bilas bagian permukaan bak menggunakan air. Lanjutkan dengan menggunakan pemutih atau pembersih khusus.

Kemudian, gunakan sikat untuk membersihkan secara menyeluruh pada semua bagian bak mandi. Jika bak mandi tampak kotor, sikat dengan keras. Sehingga, bak mandi tampak bersih maksimal.

Ada banyak pilihan dalam membersihkan bak. Anda dapat menggunakan cairan pembersih. Cara penggunaan cairan pembersih juga terbilang mudah. Pertama, gunakan spons dan siapkan cairan pembersih. Kemudian semprot pada seluruh bagian bak mandi.

Lalu gosok pakai spons sampai benar-benar bersih. Lanjutkan dengan bilas air. Terakhir, Anda dapat menggunakan lap atau handuk dengan daya serap tinggi untuk lap sampai bak benar-benar kering.

Cara kedua adalah dengan menggunakan baking soda. Bahan dapur ini dapat anda gunakan untuk membersihkan bak dari keramik. Cara menggunakan bahan tersebut sangat mudah yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan air.

Campur sedikit saja untuk membuat pasta kental. Kemudian, oles pada seluruh bagian bak dengan menggunakan kain atau spons.

Selanjutnya, sikat sampai kotoran benar-benar hilang. Cara ini juga dapat menghilangkan jamur pada permukaan bak. Bilas kemudian gunakan lap atau handuk untuk membantu supaya bak cepat kering.

4. Membersihkan Pipa Pembuangan Air

Bak kamar mandi saja tidak cukup. Anda juga harus memperhatikan bagian pembuangan air agar tidak menyebabkan kuman menyebar. Sehingga, kamar mandi benar-benar bersih.

Apalagi, jika bagian saluran pembuangan air sudah cukup lama tidak mendapatkan perawatan. Untuk mulai membersihkan, siapkan soda kue sebanyak setengah cangkir. Lalu, tuangkan pada bagian saluran pembuangan, lalu tambahkan cuka.

Lanjut dengan mendiamkan selama beberapa menit. Kemudian, gunakan air panas untuk menyiram. Saluran pipa pembuangan air ini sangat penting. Jika kotor, maka kotoran dapat menumpuk dan menyebabkan masalah mampet.

5. Membersihkan Keran

Langkah selanjutnya untuk kebersihan kamar mandi adakah menciptakan bak mandi supaya tampak mengkilap. Salah satunya adalah dengan membersihkan bagian keran.

Cara membersihkan keran bak mandi adalah menggunakan sabun cuci piring. Mulai dengan menggosok bagian tersebut. Pakai sikat gigi bekas atau sikat pembersih kecil tentu akan sangat membantu. Lalu, sikat pelan bagian keran.

6. Bilas Air Bersih

Akhiri pekerjaan anda untuk cara membersihkan bak mandi dengan bilas semua bagian secara menyeluruh menggunakan air bersih. Pastikan tidak ada noda sabun atau noda pembersih yang masih menempel pada bagian bak mandi. Sehingga, tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

Anda juga dapat membersihkan bak dengan menggunakan air hangat karena dapat menghilangkan sisa-sisa pembersih dan noda sabun.

Sekarang, Anda sudah tahu seperti apa cara membersihkan bathtub atau bak mandi dengan mudah.

Tips Membersihkan Bak Mandi

Selain cara membersihkan bak pada bagian sebelumnya, Anda juga dapat menggunakan tips berikut untuk memberikan informasi berguna. Sehingga, anda dapat melakukan proses kebersihan secara maksimal.

  • Ketika menggunakan cairan pembersih, bahan kimia yang keras dapat menyebabkan efek samping yang merugikan kulit. Efek samping tersebut adalah ruam merah, gatal-gatal, serta iritasi panas. Itulah mengapa, anda harus menggunakan satu pasang sarung tangan karet yang anti air dan tidak mudah sobek.
  • Beberapa bak mandi dapat anda bersihkan dengan menggunakan lap. Namun, beberapa pendapat menyebutkan bahwa cara ini kurang efektif. Akan lebih baik hasilnya untuk menggunakan sikat. Mengapa? Lap hanya membuat kotoran menjadi rata. Sehingga, kurang efektif untuk membersihkan kotoran. Sedangkan sikat kasar dapat menggosok lantai pada bagian sela-sela kecil.
  • Anda juga dapat menggunakan air panas ketika hendak membersihkan bak. Mengapa? Karena air panas dapat membuka pori-pori pada keramik bak. Sehingga, cairan pembersih akan meresap dalam bak mandi. Kotoran juga dapat anda bersihkan secara mudah. Cara ini pasti akan membantu supaya lantai bak terasa kesat serta bersih.
  • Selain baking soda, anda dapat menggunakan cuka sebanyak lima cangkir. Tuang pada bak mandi yang sudah anda isi dengan air panas. Lalu, biarkan hingga lima jam. Cara ini akan membantu supaya cuka dapat mengeraskan kotoran. Sehingga, dapat mengupas kotoran yang ada pada permukaan bak.
  • Bahan lainnya yang efektif untuk membersihkan bak adalah garam dapur. Fungsinya sama seperti scrub. Dengan cara angkat kotoran membandel, caranya tinggal tabur garam kasar terutama pada bagian permukaan bak. Lalu, gunakan sikat untuk membersihkan secara efektif. Kemudian, gunakan air hangat untuk membilas.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja cara membersihkan bak mandi yang sesuai dan efektif dari CV Bima. Cara-cara tersebut dapat anda coba ketika melakukan perawatan untuk bak supaya tetap bersih. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *