10 Cara Mudah Bisnis Sedot WC Bagi Pemula

By | 22 Februari 2021
Cara Mudah Bisnis Sedot WC

Bisnis usaha sedot WC memang terdengar menjijikkan, tapi bagi para pelaku bisnis justru menjadi peluang tinggi. Sedot WC memperoleh penghasilan cukup besar per bulan. Hal ini karena kebutuhan untuk perawatan bagian-bagian WC adalah prioritas, karena memang jika sudah mampet pasti bikin masalah.

Nah, jika kamu tertarik usaha sedot WC dan pengen tahu bagaimana cara memulainya, berikut tips yang bisa kamu simak.

Lokasi

Ketika membuka bisnis untuk jasa sedot tinja, maka kamu harus cari lokasi strategis. Misalnya, lokasi bisnis harus pada area padat penduduk. Atau, buka jasa pada area pinggir jalan raya.

Sehingga, banyak orang yang bakalan melintas dan melihat apa sih bisnis yang kamu tawarkan.

Modal Bisnis Sedot WC

Ketika hendak memulai jasa penyedotan tinja, maka harus mengeluarkan biaya atau modal usaha. Berikut adalah jenis-jenis biaya untuk pemula.

Modal investasi – Kamu harus mengeluarkan uang untuk sedia mobil tangki juga truk keperluan sedot tinja. Harga bekasnya bisa mencapai Rp 60 juta.

Modal Operasional – Gaji karyawan, pemasangan iklan di jasa promosi iklan, brosur, pamflet, spanduk, biaya promosi dan lainnya.

Modal Nekat – Jangan salah, kamu harus menghadapi kotoran sehingga harus nekat, nggak gampang merasa jijik menghadapi limbah. Jika selangg WC bocor, kamu juga harus bergerak cepat untuk memperbaikinya.

Promosi Usaha Sedot WC

Promosi usaha menjadi strategi penting untuk memastikan agar bisnis sedot WC bisa lancar dan menjangkau pasaran lebih luas. Ada banyak konsumen di era ini yang justru sudah memanfaatkan internet untuk cari informasi jasa.

Nah, kamu bisa pakai website yang menyediakan jasa iklan. Dengan cara seperti ini, promosi berjalan lancar. Website jasa iklan menyediakan jasa digital marketing lebih efisien. Dibandingkan dengan sebar pamflet atau brosur yang kadang nggak banyak orang lihat, dan nggak terpampang selamanya.

Kalau kena hujan, tulisan pada brosur bisa luntur. Dan, paling kalau baca juga hanya orang-orang yang melintas disitu saja.

Berbeda kalau kamu pasang iklan secara online. Iklan bisa menembak semua orang di kota tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengelola akun sosial media termasuk instagram, facebook, atau lainnya.

Pelayanan

Usaha sedot WC juga harus memastikan seperti apa kualitas pelayanan yang kamu tawarkan. Dalam dunia bisnis, pelayanan itu nomor satu, jangan sampai konsumen kecewa.

Perhatikan kualitas layanan, dengan responsive, tepat waktu, bersahabat, dan bersikap ramah pada calon konsumen. Buktikan juga bahwa tim sedot wc kamu bisa membereskan pekerjaan dengan 100% terjamin rapi.

Bisnis Sedot WC Harga Murah

Ketika kamu baru saja membuka bisnis ini, maka tidak ada salahnya memberikan harga murah terlebih dahulu sebagai bentuk promosi. Sehingga, akan menarik perhatian para pelanggan dan membuat usaha sedot wc yang kamu jalankan jadi lebih terlihat, juga menonjol dibandingkan kompetitor.

Dengan memberikan harga murah, yaitu sekitar Rp 90 ribuan atau Rp 125 ribuan, maka cara tersebut akan membuat para calon konsumen menghampiri jasa kamu.

Lakukan Kerjasama

Ketika melakukan bisnis sedot wc, tekun saja tidak cukup. Pastikan kamu punya relasi banyak supaya usaha yang kamu jalankan bisa sukses, berjalan mudah, dan tidak gampang gulung tikar.

Sedot wc merupakan salah satu jasa yang dibutuhkan semua kalangan. Termasuk para ibu rumah tangga di hunian pribadi, perusahaan, atau lainnya.

Kamu bisa memberikan penawaran menarik seperti komisi kepada siapapun yang mampu merekomendasikan jasa sedot wc kamu.

Rekrut Karyawan

Mustahil deh kalau kamu menjalankan bisnis sedot wc sendirian, nggak akan berjalan lancar. Bisnis ini menuntut kamu untuk bekerja dalam tim, yaitu dengan tenaga karyawan dengan menjadi sopir, tim sedot wc, kernet, marketing, administrasi, pemasaran atau bagian lain.

Kamu juga bisa menawarkan sistem gaji setiap bulan. Untuk bagian pemasaran, maka kamu bisa memberikan komisi menarik.

SOP

Agar usaha sedot WC berjalan lancar juga mudah kedepannya, maka kamu harus memastikan supaya perusahaan punya standar operasional. Fungsinya agar masing-masing karyawan yang bekerja tahu pekerjaan mereka.

Bagian sedot WC misalnya, harus tahu seperti apa standar melakukan penyedotan tinja yang benar dan baik. Misalnya, menaburkan pewangi pakaian terlebih dahulu, atau kopi dalam septic tank, aduk sampai tidak ada bau.

Kemudian, siapkan selang sedot WC untuk memulai penyedotan.

Beri Layanan Lengkap

Agar bisnis sedot WC punya citra baik pada kalangan konsumen atau masyarakat, maka kamu juga bisa menawarkan layanan lain seperti sedot galian lumpur, sedot limbah catering, limbah pabrik, limbah restoran, atau lainnya. Sehingga, bisnis kamu terkesan lebih menyediakan banyak hal untuk kebutuhan masyarakat.

Pada akhirnya bisnis sedot WC itu membawa banyak keuntungan bagi para pelakunya. Sehingga, akan sangat disayangkan kalau kamu kurang maksimal dalam menanganinya.

Punya Bisnis Sedot WC Tapi Sepi?

Pernah nggak sih kamu merasa bahwa usaha sedot WC yang kamu jalankan sudah cukup lama, tapi masih sepi. Apalagi kompetitor baru mulai tapi sudah  terkenal dimana-mana.

Mungkin, ada faktor yang kurang kamu perhatikan. Misalnya adalah bagian promosi.

Mungkin kamu belum memaksimalkan penggunaan media sosial, atau strategi marketing.

Padahal dengan membuat iklan, justru akan sangat membantu perkembangan usaha kamu. Itulah mengapa, iklan adalah hal yang wajib kamu perhatikan.

Dengan menggunakan iklan dari jasa pasang iklan website, kamu punya keuntungan sangat banyak, sebagaimana berikut.

Bisnis Sedot WC jadi lebih dikenal

Tujuan iklan adalah untuk mengenalkan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Nah, dengan beriklan, maka kamu bisa memberikan penawaran baru, termasuk mengenalkan seperti apa jasa sedot WC tersebut.

Jelaskan dimana kantor kamu, bagaimana tim dan pengalaman selama bekerja, atau keunggulan apa yang kamu miliki.

Iklan Mendorong Prospek

Kalau usaha sedot WC kamu tampak sepi peminat, mungkin karena iklan kurang maksimal. Sehingga, tidak ada cara persuasif untuk mengajak masyarakat agar menggunakan jasa kamu.

Dengan menggunakan jasa iklan bisnis, maka pelanggan akan mencoba mencari tahu seperti apa pelayanan yang kamu tawarkan. Sehingga, yang awalnya coba-coba akan merasa nyaman dan merasakan manfaatnya.

Meningkatkan Penjualan

Jasa iklan berpengalaman dan profesional akan meningkatkan penjualan kamu. mereka punya strategi marketing yang baik, didukung SEO yang mampu membuat pencarian jasa kamu pada nomor teratas Google. Sehingga, siapapun yang butuh jasa bisnis sedot WC, mereka pasti memilih perusahaan kamu.

Nah, sekarang kamu sudah tahu banyak hal tentang bagaimana tentang mengembangkan usaha sedot tinja yang sudah kamu jalankan selama bertahun-tahun jadi lebih berkembang.

Nah, jangan sampai bisnis kompetitor kamu jadi lebih dikenal karena kamu ketinggalan menggunakan metode digital marketing ya! Manfaatnya yang banyak justru bikin kamu nggak rugi beriklan.

Apalagi kalau perusahaan digital marketing sudah berpengalaman. Pasti tahu bagaimana kebutuhan marketing usaha kamu dengan baik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *